Sabtu, 19 Desember 2015

Bayar Pajak lebih mudah dengan E-Billing


Modul Penerimaan Negara Generasi Kedua atau yang sering disingkat MPN G2 adalah sebuah sistem penerimaan negara yang menggunakan surat setoran elektronik.  Surat setoran elektronik sendiri adalah surat setoran yang berdasarkan pada sistem billing. Penerimaan negara dapat meliputi penerimaan pajak, penerimaan negara bukan pajak (PNBP) maupun penerimaan  bea dan cukai, yang harus masuk ke kas negara melalui sistem MPN.

Modul Penerimaan Negara Generasi Kedua merupakan sebuah sistem yang disempurnakan dari MPN G1 dan MPN G1,5.  Modul Penerimaan Negara sendiri sudah dimulai penerapannya semenjak tahun 2007 dan terus disempurnakan hingga sekarang.

Modul Penerimaan Negara Generasi Kedua secara bertahap mulai diterapkan melalui bank/pos persepsi sejak bulan Februari 2014 yang dimulai pilotingnya pada satu bank persepsi yaitu PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk. 

Kini sampai dengan Februari 2015 tercatat sudah 25 bank/pos persepsi sudah tergabung dalam MPN G2. Untuk dapat bergabung dengan MPN G2 bank/pos persepsi harus melalui tahap pengujian agar menjadi bank/pos persepsi yang dapat melayani setoran MPN G2.

sumber : pajak.go.id