Sabtu, 19 Desember 2015

2015 Tahun Pembinaan untuk Wajib Pajak


Di tahun ini Direktorat Jenderal Pajak telah mencanangkan tahun 2015 sebagai Tahun Pembinaan Wajib Pajak. Di mana Wajib Pajak diberi kesempatan untuk melaporkan SPT Tahunan Tahun Pajak 2014 dan sebelumnya, SPT Masa Masa Pajak Desember 2014 dan sebelumnya, serta melunasi utang pajak yang ketetapannya terbit sebelum 1 Januari 2015 dan sanksi administrasi atas keterlambatan setor atau lapor akan di hapuskan.

Pawai Simpatik Tahun Pembinaan KPP Pratama Pati
seperti tahun 2008 yang lalu DJP dengan program sunset policy dengan pemberian fasilitas perpajakan, yang berlaku hanya pada tahun 2008, dalam bentuk penghapusan sanksi administrasi perpajakan berupa bunga yang diatur dalam Pasal 37A Undang-Undang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2007).

hal ini dengan harapan Wajib Pajak agar lebih jujur dengan penghitungan kewajiban perpajakannya, mengingat azas pemungutan pajak di Indonesia menerapkan self assessment system yaitu wajib pajak diberikan kewenangan untuk menghitung sendiri, melaporkan sendiri, dan membayar sendiri pajak yang terhutang yang seharusnya dibayar



oleh : abu wildan