Minggu, 07 Juni 2015

Tips Mencegah Mabuk Darat


Mabuk - Saat ingin bepergian, kamu biasanya akan pilih-pilih untuk menaiki kendaraan. Dan saat memilih itu kamu sudah menyeleksi kendaraan apa yang membuatmu nyaman menaikinya. Kamu pasti tidak akan memilih kendaraan yang akan membuatmu mabuk. Apalagi membuat perutmu mual tak karuhan. Itu membuat perjalananmu tak akan menyenangkan.

Biasanya kendaraan yang membuat mabuk adalah mobil atau segala kendaraan darat yang berbau roda empat. Coba saja pikirkan saat kamu masuk kedalam kendaraan berroda empat itu. Bau menyengat yang masuk dalam hidungmu seakan membuat semangatmu turun drastis. Membuat moodmu berubah menjadi perasaan waspada dengan mempersiapkan kantung plastik.

Sebelum berangkat kamu sudah siap dengan obat nyamuk, bahkan mempersipkan persedia kantong plastik yang banyak untuk berjaga saat kejadian menyebalkan tersebut terjadi.

Hhmm.. sebenarnya tidak perlu sampai segitu. Karena keadaan mabuk darat sebenarnya bisa dihindari saat kamu mengetahui caranya. Maka dari itu kami akan memberi tahu tips agar kamu tidak mabuk darat dalam perjalanan.

1. Makan yang cukup
Jika kamu sudah tahu kalau akan dalam perjalanan nanti menaiki mobil atau kendaraan lain yang menyebabkanmu mabuk, maka makanlah terlebih dahulu. Jangan biarkan perutmu kosong karena kamu menyakini jika perut kosong maka tidak akan mabuk karena tidak ada yang bisa dikeluarkan balik. Pikiran itu ternyata salah, karena saat kamu belum makan, sedangkan kamu sendiri tahu bahwa kamu adalah orang yang mudah mabuk, maka perutmu yang menghasilkan asam lambung akan mengeluarkan asam lambung tersebut saat kamu mabuk, sehingga yang keluar bukanlah makanan, tapi air atau cairan asam lambung itu.

2. Hindari makanan berbau menyengat
Cukupkan makan yang sederhana saja. Jangan makan makanan berbau menyengat seperti duren, gule, soto atau makanan-makanan lain yang aromanya mengganggumu. Saat makanan-makanan itu dicerna dalam tubuhmu, bersama juga saat berkendara yang sering tergoncang. Maka makanan itu akan lebih mudah untuk keluar kembali. Penyebabnya adalah pikiranmu yang selalu terbayang aroma menyengat dari makanan itu ditambah dengan rasa makanan yang seakan masih menempel di lidah. Sungguh keadaan yang tidak menyenangkan.

3. Minum obat anti mabuk sekitar 60 menit sebelum berangkat
Perlu diketahui, sebelum minum obat baiknya kamu baca petunjuk pemakaian. Karena ada juga obat yang menganjurkan untuk mengkonsumsinya satu jam sebelum berangkat. Jika kamu mengkonsumsinya kurang dari itu, maka persuma saja karena obat tidak akan bereaksi dengan baik. Maka sebelum mengkonsumsi obat anti mabuk, baca aturan pakai. Dan jika sakit berlanjut siapkan kantung plastik. hehe

4. Hindari baju yang berkerah sempit
Ini adalah cara yang lumayan ampuh mencegah mabuk darat. Saat kamu berkendara dan lehermu sering bergesekan dengan kerah baju, maka otak merangsang seakan lehermu tertekan oleh kerah baju itu. Dengan rangsangan otak itu maka moodmu akan berubah karena tubuh akan merasa lehermu seakan terjepit, dan itu juga yang menyebabkan perutmu terangsang untuk bergejolak dengan cepat dan tak terkendali. Nah saat merembet itulah perasaan mabuk akan mulai terasa. Jadi pilihlah baju atau pakaian yang tepat saat kamu berkendara.

5. Atur posisi duduk yang nyaman
Jika tips diatas sudah kamu lakukan dan masih saja kamu merasa mabuk, maka kamu perlu mengatur posisi dudukmu. Buatlah posisi duduk senyaman mungkin. Pilih tempat yang sekiranya tidak teralu sempit dan dekat dengan masuknya angin. Kenapa dekat dengan masuknya angin? Karena dengan hembusan angin yang menerpamu, akan membuat pikiranmu lebih segar dan tidak terfokus pada rasa mabuk itu sendiri.

6. Jangan tegang
Saat duduk jangan membuat dirimu tegang karena berharap dengan begitu perumu tidak akan tergoncang. Justru ketika tegang, kamu tidak akan merasa nyaman saat menaiki kendaraan. Ketidaknyamanan itu yang akhirnya menyebabkan kamu sulit untuk berfikir jernih untuk tidak mabuk. Padahal jika kamu terus berfikir tentang mabuk itu sendiri, maka perasaan mabuk itu akan menghampirimu cepat atau lambat.

sumber : infotipsbermanfaat