Selasa, 23 Juni 2015

Manfaat buah kurma

Dan dari buah korma dan anggur, kamu buat minimuman yang memabukkan dan rezki yang baik. Sesunggguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang memikirkan.” (QS.An-Nakhl: 67)

Ahmad Rifat Al-Badrawi memberi komentar ilmiah pada surat Maryam ayat 25 yaitu, faktanya penelitian modern telah menemukan khasiat penting kurma sebagai berikut:




1) makanan berkualitas, baik kualitas suhu dan gizi yang tinggi.

2) Kurma tidak kurang kualitasnya dari daging sekalipun, dan memiliki keistimewaan dengan memakannya.

3) Kurma juga tidak akan menyebabkan suatu bahaya. Kurma mengandung zat gula, minyak, banyak vitamin (A, B1 dan B2), zat alpoten, garam logam diantaranya kalsium, fospor dan besi.

4) Para dokter menyarankan memberikannya kepada anak kecil juga, karena mempunyai efek yang efektif dalam membentuk organ tubuh, menguatkan otot-otot

5) Kurma menguatkan libido seks, dan mengobati balajira dan anemia ,

6) Kurma tak mesti dimakan saat bulan puasa, karena kurma bisa dimakan kapan saja dan dapat memberi efek seperti coklat, yaitu memberikan ketenangan jiwa dan urat syaraf.

7) Sari Kurma pun diakui ampuh membantu mengobati sakit demam berdarah selain ramuan tradisional khas Cina seperti angkak. Manisnya kurma mampu membantu meningkatkan kadar trombosit yang menurun saat demam berdarah. Sari buah kurma belakangan sering terdapat di samping pasien demam berdarah. Kala terserang demam berdarah biasanya trombosit dalam tubuh akan berkurang dengan drastis dan bisa jadi mengakibatkan kematian. Sari buah kurma dapat dengan cepat menaikkan kadar trombosit dalam tubuh pasien.

8) Membantu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, membuat denyut jantung lebih teratur dan seimbang;

9) Melancarkan pencernaan, membantu mengobati radang usus dan sakit maag ringan.

10) Meningkatkan produksi dan kualitas ASI.

11) Memberi energi yang besar bagi ibu hamil dan memperkuat urat-urat rahim, sehingga insya Allah dapat mencegah keguguran dan memudahkan proses kelahiran/persalinan.

12) Membantu mengatasi gangguan INSOMNIA (sulit tidur);

13) Mengurangi resiko serangan stroke.

14) Ibnu Abbas berkata, Kurma yang paling disukai oleh Rasulullah ﷺ adalah Azwa. Pengarang ini berkata, karena kurma azwa makanan yang bagus lagi mencukupi, jika ditambahkan minyak samin padanya sempurnalah kecukupannya, dalam satu riwayat dikatakan:

Dari Saad bin Abi Waqqash Radhiyallahu ‘Anhu secara marfu :

مَنْ تَصَبَّحَ بِسَبْعِ تَمَرَاتٍ عَجْوَةٍ لَمْ يَضُرَّهُ ذَلِكَ الْيَوْمِ سُمٌّ وَلَا سِحْرٌ. أَخْرَجَهُ ب وم.

“Barangsiapa yang bangun pagi memakan 7 butir kurma ajwa tidak akan membahayakannya pada hari itu racun maupun sihir.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)