Selasa, 03 Februari 2015

SMK Muhammadiyah, Mobil Avanza Bisa Gunakan Gas & Bensin

PONTIANAK - SMK Muhammadiyah Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, akan meluncurkan mobil yang menggunakan dua jenis bahan bakar sekaligus, yakni gas dan bensin.
 
Kepala SMK Muhammadiyah Sintang, Sofian, mengatakan, modifikasi mobil bahan bakar minyak dan bensin dilakukan atas kerja sama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

"Rangkaian sistemnya dibuat oleh LIPI, lantas kami yang memasangnya," jelas Sofian.

SMK Muhammadiyah Sintang merupakan SMK pertama di Indonesia yang menjalin kerja sama dengan LIPI untuk mengaplikasikan teknologi dual bahan bakar. Selain Toyota Avanza, salah satu model Kia juga turut dimodifikasi.

Kepala Program Otomotif Teknik dan Rekayasa SMK Muhammadiyah Sintang, Suarno, mengklaim, penggunaan gas dan bensin untuk mobil aman. Setelah sistem bahan bakar gas mati, mobil akan beralih menggunakan bahan bakar minyak secara otomatis.

"Pada saat sistem bahan bakar gas bekerja pada mesin, maka sistem bahan bakar minyak tidak bekerja. Bahan bakar minyak itu masih digunakan hanya untuk mengantisipasi pada saat gas habis ketika kendaraan itu dikendarai," ungkapnya.

sumber : okezone.com