Senin, 02 Februari 2015

Jokowi Masih Gamang Tentukan Nasib BW

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) hingga saat ini belum mengambil sikap terhadap Komisioner KPK, Bambang Widjojanto (BW) yang berstatus tersangka dalam kasus dugaan pemberian keterangan palsu di persidangan Mahkamah Konstitusi (MK).


"Belum ada, kami tadi pagi cek," ungkap Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), Pratikno, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (2/2/2015).

Pratikno mengaku, hingga hari ini juga belum menerima pemberitahuan resmi dari pihak kepolisian mengenai status BW. "Kita belum terima pemberitahuan dari kepolisian karena lazimnya bagi pejabat negara yang berstatus tersangka diberitahukan kepada Presiden," imbuhnya.

Dalam Undang-Undang tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyebutkan, kalau komisioner KPK ditetapkan sebagai tersangka maka harus mundur dari jabatannya. BW sendiri telah menyatakan untuk mundur dari posisinya, namun pengunduran dirinya ditolak oleh komisoner KPK lainnya.

Adapun alasan penolakannya, karena dinilai kasus yang membelit BW penuh rekayasa, dan bentuk pelemahan terhadap KPK. Kemudian, KPK masih membutuhkan BW untuk menuntaskan berbagai kasus korupsi, mengingat saat ini komisioner KPK tinggal empat orang setelah Busyro Muqqodas pensiun.

Seperti diketahui, BW ditangkap oleh Bareskrim Mabes Polri dalam kasus dugaan pemberian keterangan palsu dalam sidang sengketa Pilkada Kota Waringin Barat, Kalimantan Tengah. Saat itu, Bambang dengan kapasitasnya sebagai pengacara.


sumber : okezone.com