Senin, 02 Februari 2015

Fungsi Pentingnya Logo/Corporate Identity Bagi Perusahaan

Perusahaan-perusahaan besar telah lama mengenal cara membangun image perusahaan yang dimulai dengan pembuatan image grafis yang dikenal sebagai corporate identity ini. Membuat sebuah image grafis bagi suatu perusahaan bukanlah pekerjaan yang mudah. Menentukan sebuah corporate identity yang tepat adalah termasuk salah satu bentuk permasalahan yang tidak terstruktur karena banyak kriteria-kriteria yang bersifat personal dari perusahaan tersebut sehinggga tidak bisa didapatkan sebuah keputusan dengan segera. Kemampuan berkomunikasi secara visual dengan baik sangatlah dibutuhkan. Designer komunikasi visual yang handal sangat diperlukan untuk mengembangkan konsep dan sistem identitas bagi suatu perusahaan hingga identitas tersebut dapat menjadi alat penjualan yang handal dan menguntungkan bagi perusahaan tersebut.

Identitas grafik yang membentuk suatu image sangat diperlukan oleh perusahaan-perusahaan untuk tetap menarik perhatian pelanggan atau pembelinya dalam pasar yang sarat dengan persaingan-persaingan ini. Terlebih lagi di era globalisasi yang memungkinkan meluasnya penyampaian informasi diberbagai belahan dunia sehingga sangatlah diperlukan diciptakannya suatu image untuk melambangkan identitas perusahaan agar tetap bisa bertahan dan survive dalam persaingan yang semakin keras ini. Tulisan ini akan mengupas pentingnya suatu image perusahaan atau corporate identity beserta apa fungsi dan kegunaan dari corporate identity tersebut.

FUNGSI CORPORATE IDENTITY

Selain sebagai identitas suatu perusahaan, corporate identity mempunyai beberapa fungsi lainnya:

- Sebagai patokan dari program menyeluruh strategi dari suatu perusahaan. Suatu corporate identity yang baik haruslah selalu sejalan dengan rencana perusahaan. Karena merupakan image yang ingin di bentuk perusahaan di benak konsumen sehingga seharusnya mewarnai setiap strategi branding, marketing ataupun public relations yang di buat dimasa kini dan di masa yang akan datang.

- Sebagai landasan dari sistem operasional suatu perusahaan. Hal ini disebabkan corporate identity adalah suatu image yang ingin dibentuk di benak konsumen sehingga seluruh personil harus mampu menghayatinya terutama ketika menjalankan operasional perusahaan sehari-hari

- Sebagai tiang dari jaringan (network) yang baik bagi perusahaan. Image yang baik dan positif dari suatu perusahaan akan memudahkan perusahaan mendapatkan investor, pinjaman atau partner dari berbagai tempat sehingga memudahkan hubungan dengan pemerintah seperti mengurus perizinan.

- Alat jual dan promosi. Corporate identity merupakan alat jual bagi perusahaan untuk produk-produk yang sekarang ada atau produk yang akan dikembangkan. Karena image yang positif dari suatu perusahaan akan membuat konsumen percaya dan nyaman akan perusahaan itu dan percaya pula dengan produk-produk yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut merupakan produk berkualitas terbaik.



5 Fungsi Logo dan 8 Kriteria Logo yang Baik dan Buruk

Lima (5) Fungsi Logo untuk Bisnis Anda :
1. Sebagai penanda bisnis Anda
2. Sebagai pembeda antara bisnis Anda dengan bisnis Kompetitor
3. Simbol keunggulan bisnis Anda
4. Simbol kualitas bisnis Anda
5. Sarana membentuk presepsi konsumen terhadap bisnis Anda

Delapan (8) Kriteria Logo yg Baik untuk Bisnis Anda :
1. Berbeda dari logo Kompetitor
2. Unik
3. Sederhana / Simpel
4. Dapat diaplikasikan di berbagai media
5. Mudah dikenali dalam berbagai ukuran
6. Mudah diingat konsumen
7. Mewakili karakter bisnis Anda
8. Dapat digunakan dalam jangka waktu lama.

Delapan (8) Kriteria Logo yg buruk ( untuk Anda hindarkan) :
1. Serupa dengan logo Kompetitor
2. Pasaran
3. Rumit / Ribet
4. Sulit diaplikasikan di berbagai media
5. Sulit dikenali dalam berbagai ukuran
6. Sulit diingat konsumen
7. Tidak mewakili karakter bisnis
8. Berumur singkat.

sumber : kaskus