Rabu, 04 Februari 2015

BI Musnahkan 5,2 Miliar Lembar Uang Kertas di 2014


JAKARTA - Bank Indonesia (BI) telah memusnahkan uang kertas sebanyak 5,2 miliar lembar pada 2014. Pemusnahan dilakukan pada uang yang sudah tidak layak edar.

Direktur Departemen Pengelolaan Uang BI, Eko Yulianto, menjelaskan pemusnahan ini dilakukan sesuai amanat pasal 18 ayat (2) UU No.7 Tahun 2011 tentang Mata Uang yang mengatur bahwa jumlah dan nilai nominal Rupiah yang dimusnahkan oleh Bank Indonesia.

"Banyak pertanyaan dari di antara kita yang cukup awam mengenai mengapa uang sebanyak itu harus dimusnahkan," jelas dia di Gedung BI, Jakarta, Rabu (4/2/2015).

"Mekanisme pemusnahan, pecahan berapa saja yang dimusnahkan, pengawasannya perlu dijelaskan lebih lanjut supaya tidak ada kesalahan," tambah dia.

Lebih lanjut Eko menjelaskan, uang yang sudah tidak layak beredar tersebut, ditentukan dari kualitas berupa kebersihan atau keutuhannya yang sudah tidak terjaga.

"Karena uang yang lusuh serta kotor tersebut masuk ke BI, secara otomatis dilakukan sortir serta dilakukan hitung ulang dengan dua cara, menggunakan mesin sortir uang kertas. Kalau dipilah dulu terdeteksi uang asli atau diragukan, kalau diragukan keasliannya ditolak oleh mesin secara otomatis," imbuhnya.



sumber : okezone.com