Sabtu, 31 Januari 2015

Tokyo Ibukota Teraman



TOKYO - Ibu Kota Jepang, Tokyo menjadi kota paling aman di dunia dalam hal keamanan digital, kesehatan, infrastruktur dan keamanan pribadi.

Dilansir dari Daily Mail, Sabtu (31/1/2015), bahwa data yang dirilis oleh Economist Intelligence Unit menilai Tokyo sebagai tempat teraman di dunia untuk tahun 2014, Setelah Tokyo, di tempat kedua dan ketiga diisi oleh kota yang berasaal dari Asia lagi, yaitu Singapura dan Osaka.

Perwakilan dari benua biru mengisi di urutan keempat yaitu Stockholm. Sementara Amsterdam berada di posisi kelima. Dua kota dari Australia, Sydney dan Melbourne, juga termasuk dalam daftar sepuluh besar. Sedangkan dari Negeri Paman Sam hanya diwakili oleh New York yang mengisi daftar sepuluh besar.

Ranking yang dibuat oleh The Economist ini terdiri dari 50 kota di dunia. Mereka dipilih berdasarkan representasi daerah dan data yang tersedia.

Penilaian pada bidang keamanan digital, mereka mengukur kualitas keamanan cyber kota ini, frekuensi pencurian identitas, dan faktor-faktor lain yang berhubungan dengan keamanan digital.

Selanjutnya pada bidang Jaminan kesehatan mereka melihat presentase rata-rata usia harapan hidup warga kota serta rasio tempat tidur rumah sakit dengan besarnya populasi.

Bagian infrastruktur melihat faktor-faktor seperti kualitas jalan dan jumlah orang yang meninggal karena bencana alam. Sementara pada kategori keselamatan pribadi, dilihat dari langkah-langkah keamanan yang lebih tradisional seperti kejahatan, tingkat keterlibatan polisi, dan jumlah kejahatan kekerasan.

Sementara itu, ibukota Indonesia , Jakarta, yang merupakan rumah bagi lebih dari 10 juta orang, mengisi urutan terakhir dalam ranking 50 Kota.

Berikut adalah 10 Besar Kota Teraman sedunia versi The Economist:

1. Tokyo, Jepang

2. Singapura

3. Osaka, Jepang

4. Stockholm, Swedia

5. Amsterdam, Belanda

6. Sydney, Australia

7. Zurich, Swiss

8. Toronto, Kanada

9. Melbourne, Australia

10. New York, Amerika Serikat



Sumber : Okezone.com