Sabtu, 17 Januari 2015

Meningkatkan Stamina Pada Hewan Ternak


salah satu faktor yang harus diperhatikan dalam beternak adalah menjaga/meningkatkan nafsu makan ternak, Dengan meningkatnya nafsu makan ternak maka produktifitasnya akan meningkat dan ternak dapat terjaga stamina, daya tahan tubuh, strees dan penyakit. Untuk itu, upaya meningkatkan nafsu makan perlu terus dilakukan.adapaun cara ramuan herbal untuk meningkatkan nafsu makan ternak adalah :



  1. Daun talas 3 lembar dan garam dapur 3 sendok makan direbus selama 15 menit. Daun yang    sudah matang dijadikan untuk tiap ekor kambing.
  2. Kencur segar 1 ons, diparut dan dicampur kuning telur ayam 1 butir, jamu ini diberikan    setiap 3 hari sekali sampai kondisi makan kambing normal.
  3. Mentimun 2 buah diparut, lalu dicampur garam dapur, asam jawa, terasi dan air secukupnya. Ramuan ini siap diberikan pada kambing untuk sekali pemberian.
  4. Daun buni 5 lembar, lengkuas sebesar ibu jari, terasi dan garam dapur secukupnya ditumbuk    hingga halus lalu ditambahkan air secukupnya. Ramuan ini diperas dan airnya disaring dan    diberikan pada 2 ekor kambing.
  5. Pucuk daun durian 5 lembar, daun buni 5 lembar, daun dadap serep 5 lembar, terasi dan    garam dapur secukupnya kemudian bahan ini dihaluskan. Tambahkan sedikit air dan airnya    diperas. Air perasan ini diberikan pada 2 ekor kambing.
  6. Temulawak, temuireng, kunyit diiris kecil2. Tambah asem jawa, asukkan blender. Ditambah    air gula jawa yg sdh direbus. Blender sampai lembut, Saring & ambil airnya, Minuman    kesehatan siap diberikan pada kambing/domba kita, 20 ml / ekor. Penggunaan spet memberi    keuntungan: takaran bs tepat & dijamin 100% jamu ditelan alias tdk tumpah.
Post by : www.kampungternak.com