Kamis, 29 Januari 2015

Jajanan Khas Pati Gethuk Runting


Getuk (bahasa Jawa: gethuk) adalah makanan ringan yang terbuat dengan bahan utama ketela pohon atau singkong. Getuk merupakan makanan yang mudah ditemukan di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Pembuatan getuk dimulai dari singkong di kupas kemudian kukus atau perebusan, setelah matang kemudian ditumbuk atau dihaluskan dengan cara digiling lalu diberi pemanis gula dan pewarna makanan. Untuk penghidangan biasanya ditaburi dengan parutan buah kelapa (wikipedia).

Salah satu makanan atau jajanan khas di Pati adalah GETHUK RUNTING, kenapa dinamakan gethuk runting,karena jajanan yang satu ini dibuat atau diproduksi di desa Runting, Kecamatan Pati, Kabupaten Pati Propinsi Jawa Tengah. seperti halnya gethuk-gethuk di daerah lain gethuk runting dibuat dengan bahan dasar ketela pohon atau singkong dengan taburan parutan kelapa dan gula merah diatasnya.

cara pembuatan gethuk runting sangat mudah yaitu :
  1. Siapkan singkong atau ketela pohon (diusahakan pilih ketela pohon yang berwarna kuning,karena itu adalah kualitas unggul)
  2. Kupas ketela pohon dan rebus hingga matang
  3. tumbuk singkong yang sudah matang tersebut ke dalam tempat khusus dengan plastik sebagai lemek atau dasaran. Tumbuk ketela terus-menerus hingga pulen, empuk, dan menyatu, bukan terpisah-pisah.(pada fase ini memerlukan waktu yang lama dan membutuhkan kesabaran yang ekstra)
  4. Langkah selanjutnya membuat parutan untuk taburan yaitu dengan bahan dasar kelapa yang masih muda
  5. Step selanjutnya membuat srondeng. Srondeng adalah sejenis parutan kelapa yang sudah dicampur dengan gula merah
Demikian sekilas tentang gethuk runting....jika rekan rekan mampir ke kandang kami  di KAMPUNG TERNAK, nanti kami akan ajak rekan rekan untuk menikmati sensasi makan gethuk runting yang tidak ada di kota lain.

Sumber : Abu Wildan