Minggu, 18 Januari 2015

5 Langkah Beternak Kambing

“Maka hendaklah manusia itu memperhatikan makanannya. Sesungguhnya Kami benar-benar telah mencurahkan air (dari langit), kemudian Kami belah bumi dengan sebaik-sebaiknya, lalu Kami tumbuhkan biji-bijian di bumi itu, anggur dan sayur-sayuran, Zaitun dan pohon kurma, kebun-kebun (yang) lebat, dan buah-buahan serta rumput-rumputan, untuk kesenangan dan untuk binatang-binatang ternakmu.” (Q.S. ‘Abasa [80]:24-32)


“Termasuk penghidupan manusia yang terbaik, adalah seorang laki-laki yang memegang kendali kudanya di jalan Allah. Dia terbang di atasnya (dia menaikinya dengan jalan yang cepat). Setiap mendengar panggilan perang dia terbang di atasnya dengan bersemangat untuk mencari kematian dengan jalan terbunuh (dalam keadaan syahid) atau mati biasa.  Atau seorang laki-laki yang menggembala kambing di puncak gunung dari atas gunung ini atau lembah dari beberapa lembah. Dia mendirikan salat, memberikan zakat, dan menyembah kepada Tuhannya hingga kematian datang kepadanya. Dia tidak mengganggu kepada manusia, dan hanya berbuat baik kepada mereka.” (H.R. Muslim).

Selain motivasi ekonomi, beternak kambing merupakan pekerjaan para nabi kita. kambing merupakan hewan ternak yang paling banyak dibudidayakan setelah sapi. permintaan akan ketersediaan daging kambing semakin meningkat setiap tahun,hal itu dibuktikan dengan banyaknya olahan dengan bahan dasar daging kambing

Sebelum memutuskan untuk berbisnis ternak kambing,sebaiknya kita harus menentukan beberapa lahkah berikut :
  1. Tentukan pola ternak anda apakah akan beternak dengan pola breeding (pengembangbiakan), pola fattening (penggemukan), pola trading (jual beli), atau milking (susu)
  2. Tentukan jenis kambing yang akan dipelihara, Hal tersebut bertujuan untuk mengetahui apa saja keuntungan dan kerugian beternak kambing sesuai dengan kondisi lokasi supaya dapat memaksimalkan potensi kambing yang dipelihara.
  3. Persiapan kandang, tentukan dulu apakah menggunakan tipe kandang koloni atau tipe kandang tunggal (sistem sekat)
  4. Tanam Hijauan Makanan Ternak (HMT) 
  5. Cari informasi sebanyak-banyaknya. Pelajari dasar-dasar perawatan kambing seperti: pemeriksaan kesehatan, penyakit kambing, jenis-jenis varietas kambing,dll.

Oleh : abu wildan