Senin, 29 Desember 2014

Tiga Kriteria Domba Sehat

Setidaknya ada tiga hal yang perlu diperhatikan untuk memastikan domba sehat atau tidak. Sebenarnya, para peternak domba tidak perlu mengamati ketiga kreteria tersebut untuk memastikan apakah domba itu sehat atau tidak. Akan tetapi, kita perlu melakukan investiagasi kecil-kecilan, yaitu mengamati tiga hal sebelum kita memutuskan untuk membeli domba. Apa saja tiga hal tersebut?
Sebelum membahas tentang tiga kriteria domba sehat, kita harus pahami terlebih dahulu bahwa domba yang sehat itu tidak selalu gemuk. Bisa jadi domba gemuk dikarenakan penggelonggongan. Banyak sekali praktek yang tidak terpuji ini dilakukan oleh beberapa oknum terutama ketika perayaan qurban tiba. Oleh karena itu, Kita harus tahu tiga hal untuk memastikan domba itu sehat atau tidak.
  1. Mata. Domba sehat memiliki mata yang jernih. Sementara itu, salah satu ciri-ciri domba yang kurang sehat biasanya terdapat cacing di matanya. Selain itu, perhatikan juga cara memkitang domba tersebut. Apabila pkitangannya lurus, maka sudah bisa dipastikan domba tersebut sehat. Dalam hal ini, jangan sampai Kita membeli domba yang buta.
  2. Kaki. Bagian lain yang harus Kita perhatikan juga adalah kaki. Domba sehat memiliki kaki yang tidak pincang. Di dalam Islam sendiri, kita dianjurkan untuk berqurban dengan menggunakan domba yang sehat dan tidak pincang. Sudah dari dulu ternyata domba yang memiliki kaki pincang itu kurang sehat. Namun, harus digarisbawahi bahwa kaki pincang bukan berarti domba tersebut tidak sehat, hanya kurang sehat.
  3. Tonjolan Pada Kaki. Yang satu ini adalah ciri dari domba pejantan yang sehat. Pejantan yang sehat memilki tonjolan tulang pada bagian kaki. Jika tonjolannya besar, maka pejantan tersebut sehat. Bahkan, pejantan dengan kriteria seperti ini bisa dijadikan bibit untuk budidaya domba.
Itulah tiga kriteria domba sehat yang harus Kita ketahui. Untuk domba yang akan Kita gunakan untuk acara qurban atau aqiqah, ada syarat-syarat tertentu lainnya selain domba tersebut harus sehat seperti cukup umur, cukup bobot, giginya sudah kupak, dan lain sebagainya.
Yang jelas, mulai saat ini Anda jangan menganggap domba dengan bentuk badan yang besar dan gemuk saja yang bisa dikatakan sehat. Banyak sekali terjadi penipuan di mana domba digemukkan dengan cara digelonggongkan. Secara sekilas, domba tersebut akan terlihat gemuk dan sehat. Akan tetapi, domba tersebut bukan gemuk karena gizi yang cukup, tapi karena air.

Oleh karena itu, pastikan Anda membeli domba ditempat yang terpercaya seperti di www.saungdomba.com. Peternakan ini adalah penyedia hewan domba berkualitas. Anda bisa memesan daging domba untuk acara-acara khusus seperti aqiqah, syukuran haji di rumah, qurban, dan lain sebagainya. Jika Anda berniat untuk membudidayakan domba, Anda juga bisa menemukan bibit domba berkualitas di Saung Domba.