Senin, 29 Desember 2014

Memanfaatkan Eceng Gondok Sebagai Makanan Domba

Eceng gondok ternyata bisa dijadikan pakandomba. Kenapa? Karena pada dasarnya eceng gondok merupakan tanaman yang mengelurkan bau yang khas yang disukai oleh domba. Apakah hanya demikian? Tentu saja tidak. Selain baunya yang membuat domba tertarik untuk memakan tanaman tersebut, eceng gondok juga memberikan manfaat lain. Para peternak domba sangat disarankan memberi makan domba mereka dengan eceng gondok. Tanaman ini seolah menjadi suplemen khusus untuk domba. Apa saja manfaat eceng gondok untuk domba?
Salah satu manfaat dari eceng gondok adalah bahwa tumbuhan yang sering ditemukan di rawa-rawa ini akan merangsang pertumbuhan organ-organ domba lebih cepat. Menurut studi ilmiah, bobot domba itu akan jauh lebih berat dalam jangka waktu yang tidak lama jika domba tersebut diberi makan berupa eceng gondok. Itulah sebabnya beberapa peternak domba profesional memberi makan dombanya dengan eceng gondok daripada tanaman yang lain. Mereka bisa saja memberi makan dengan daun singkong. Akan tetapi, jauh lebih baik jika domba diberi makan eceng gondok.
Bagaimanakah eceng gondok diubah menjadi pakandomba? Pertanyaan ini harus dijawab terlebih dahulu. Ada metode yang dinamakan ensilase. Ini adalah metode yang digunakan untuk mengolah eceng gondok sebagai pakan domba. Caranya sangat mudah. Pertama-pertama, eceng gondok harus ditiriskan setidaknya selama satu hari satu malam. Kemudian, tumbuhan tersebut potong kecil-kecil dan dicampur dengan satu bagian konsentrat. Setelah bercampur secara merata, campuran tersebut kemudian dipadatkan di dalam drum plastik. Tutup drum tersebut dan simpan selama kurang lebih dua minggu. Setelah dua minggu, pakan domba yang terbuat dari eceng gondok sudah jadi.
Apakah ada manfaat lain selain sebagai pakan domba? Tentu saja ada. Masyarakat bisa saja berpikir lebih kreatif dengan tidak hanya menjadikan eceng gondok ini sebagai pakan domba. Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari eceng gondok selain sebagai makanan domba. Seperti contoh, tumbuh-tumbuhan ini bisa gunakan sebagai bahan baku kerajinan seperti mebel. Dalam hal ini, bagian utama untuk membuat kerajinan adalah batang. Sekarang ini, banyak sekali pengerajin yang membuat kreasi dengan menggunakan eceng gondok. Ketika dulu tumbuhan ini seolah tidak berguna, sekarang tumbuhan tersebut bisa digunakan untuk menyejahterakan masyarakat.

Itulah beberapa informasi penting dan menarik seputar eceng gondok. Jadi, tumbuhan yang sering ditemukan di rawa-rawa ini sekarang tidak lagi dianggap sebagai tumbuhan tak bermanfaat lagi. Tumbuhan ini bukanlah tumbuhan perusak alam. Teman-teman bisa memanfaatkan sebagai pakan domba. Selain itu, teman-teman juga bisa menggunakan eceng gondok sebagai bahan utama untuk membuat kerajinan. Walhasil, dengan mengetahui manfaat eceng gondok, teman-teman bisa menyelamatkan lingkungan serta mendapatkan manfaat lain untuk meningkatkan ekonomi.