Rabu, 31 Desember 2014

Gamal


Gamal(Gliricidia Sepium) Pohon sejenis perdu yang berasal dari kerabat polong-polongan seperti petai cina, lamtoro atau sering juga disebut leguminosae. Pohan ini sering kita jumpai di pagar-pagar rumah, kebun, sebagai tanaman peneduh seperti kopi, teh, kakao dan juga dimanfaatkan untuk rambatan tanaman seperti lada dan vanili karena perakaran gamal penambat nitrogen yang baik. Pohon gamal mempunyai nama yang beraneka ragam atau sebutan yang berbeda di berbagai daerah ada yang menyebut pohon ini dengan gamal ada juga yang menyebut dengan leresede, nama leresede sendiri diambil dari bahasa latin dari gamal yaitu gliricidia, karena pengucapan yang sulit maka gliricidia menjadi leresede.

Selain banyaknya manfaat gamal tersebut, daun pohon ini juga bermanfaat bagi kebanyakan penduduk desa/ peternak, karena daunnya digunakan untuk pakan ternak kambing atau domba. Daun gamal sendiri memiliki tingkat protein yang cukup tinggi dibandingkan dengan daun-daun/ rumput yang digunakan untuk pakan ternak atau istilahnya HMT( Hijauan Makanan Ternak). Kandungan protein kasar(PK) dalam rumput gajah 13%, rumput lapangan 10%, daun lamtoro 24,2%, Daun jagung 9,9%, sedangkan daun gamal sendiri memiliki kandungan PK 24,7%.

Pohon ini perlu dibudidayakan oleh peternak kambing atau domba untuk mencukupi kebutuhan hijauan pakan ternak dengan cara dijadikan pagar hidup atau ditanam secara masal di lahan sehingga kebutuhan HMT dapat terpenuhi. Untuk penanaman pohon gamal sangatlah mudah, bisa dengan biji dari pohon gamal atau dengan stek batang.